Selasa, 20 Mei 2008

Virtualization, Tren IT saat ini





Teknologi ini sedang hangat menjadi pembicaraan di kalangan IT saat ini. Sebetulnya teknologi ini sudah ada sejak akhir tahun 1960. Dengan perkembangan dunia IT yang berkembang pesat saat ini maka teknologi virtualization ini pun lebih disempurnakan.

Dengan berkembangnya juga teknologi hardware yang ada saat ini, memungkinkan virtualization berjalan semakin baik dan sempurna. Dimana 1 processor kini terdiri dari berbagai core dan peningkatan L2 di processor tersebut yang semakin baik. Awalnya dimulai dari Hyperthreading dan Hypertransport, Dual Core, 4 core, bahkan 8 core didalamnya.

Didalam sebuah perusahaan yang peka akan kebutuhan IT nya. Tentunya akan memiliki berbagai server sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari File Server, DNS Server, Print Server maupun DHCP Server, dan lain-lain.

Tentunya mereka pun harus menyediakan beberapa PC sekelas Server untuk membangun itu semua. Jika diperhatikan utilisasi dari beberapa jenis Server diatas, tentunya tidak akan efisien dan tentunya memakan tempat dan membutuhkan daya yang besar juga. Contohnya DNS Server dan DHCP server. Utilisasi dari kedua server tersebut tidaklah begitu besar yang sebetulnya dapat dilakukan oleh PC biasa. Namun PC biasa memiliki keterbatasan jika digunakan pada lifetime yang lama.

Solusi yang biasa dilakukan adalah menggabungkan beberapa kegunaan server tersebut kedalam sebuah PC Server yang handal dan memiliki spesifikasi tinggi.

Namun akan timbul permasalahan baru yaitu security. Dengan penggabungan beberapa server tentunya akan semakin banyak port yang terbuka dalam server tersebut. Hal ini semakin besar kemungkinan server tersebut untuk di eksploitasi. Tentunya ini membutuhkan management security yang baik terhadap server tesebut.

Satu permasalahan lagi jika server tersebut melakukan update dimana dibutuhkan restart terhadap server tersebut, maka sevice server yang lain akan ikut down. Dengan teknologi Virtualization inilah solusi dari permasalahan tersebut.

Beberapa kelebihan menggunakan Virtualization :

- Efisiensi biaya untuk kebutuhan Hardware
- Tentunya menyenangkan pelanggan maupun atasan karena biaya yang dikeluarkan lebih murah
- Meningkatkan sistem security untuk IT di perusahaan
- Dapat menekan downtime dan meningkatkan kualitas layanan data
- Menekan kebutuhan akan daya yang besar (efesiensi biaya lagi)
- Memiliki skalability yang tinggi

Anda tidak perlu khawatir karena saat ini produk server baru dari Microsoft yaitu Windows Server 2008 sudah memiliki teknologi virtualization yang sangat baik sekali. Bagi anda pecinta Open Source, Ubuntu 8.04 Server juga sudah menyedia kernel khusus untuk penanganan Virtualization tersebut. Tentunya anda juga harus menyediakan spesifikasi yang tinggi yang mendukung virtualization.



(Write in Nokia E61 and edited by Openoffice 2.4 on Ubuntu 8.04)

Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

1 komentar:

arif mengatakan...

wah menarik nih...lah kalo masang virtualbox di ubuntu server yg text only gimana bos administrasi virtualboxnya...cara instalasinya gimana?