Jumat, 05 Maret 2010

Menjalankan Android di Samsung Omnia (Andromnia)




Yup, Saat ini saya sedang mencoba menggunakan HP merk Samsung Omnia. Notabene hape ini memiliki basis OS Windows Mobile 6.1, biasanya saya tidak begitu tertarik menggunakan HP dengan OS Windows Mobile, ini berdasarkan pengalaman saya ketika menggunakan Dopod 900 dulu :)

Saya tertarik karena media penyimpanan internalnya yang sudah cukup besar. Selain itu model dan bentuknya cukup elegan :) (termakan model nih..). Secara keseluruhan Samsung Omnia sudah sangat stabil dan bagus. Kita dapat menggunakannya tanpa stylus / pen nya lagi kerana ada nya feature TouchWiz yang memudahkan kita menggunakan jari untuk navigasinya.

Dari OS Windowsnya juga cukup stabil, tidak seperti WM 5 dulu. Kekurangannya hanya satu.. Daya tahan batterynya kurang kuat kalau digunakan untuk online lama-lama :), masih lebih kuat daya tahan batterynya Nokia E61i atau Nokia E71 dengan OS Symbiannya.

OK itu aja dulu sekilas reviewnya. Sekarang saat nya install Android di Samsung Omnia :), Oh iya OS modifikasi Android ini dinamakan Andromnia.

Langkah-langkahnya :

1. Format terlebih dahulu Storage Card (MicroSD) dengan format ext3 punya linux. Bisa di format menggunakan gParted dari Ubuntu. Cara formatnya bisa langsung dengan Card Reader atau HP nya dijadikan USB Disk Storage (MicroSD nya). Perintah untuk format di terminalnya adalah : "mkfs.ext3 /dev/sdb1"

2. Download Image Android hasil compile untuk Samsung Omnia di : http://sourceforge.net/projects/andromnia/files/


3. Extract file hasil download tadi. Buat folder di Internal Storage di Omnia (bukan MicroSD tadi) dengan nama Android, kemudian copy 3 file pertama di folder hasil extract tadi yaitu file "Image, default.txt, dan haret.exe" kedalam folder tersebut.

4. Kemudian copy juga isi folder yang di dalam folder "rootfs.cupcake" hasil file extract tadi kedalam Storage Card (MicroSD yang sudah di format dengan ext3).

Kira-kira jadi seperti ini :

/My Storage/Android:
Image
default.txt
haret.exe

/Storage Card:
dev/
sbin/
system/
default.prop
init
**etc....**

5. Kemudian dari Omnia file explorer jalankan file haret.exe nya :), tunggu sampai OS Android berjalan di Omnia...



Kalau ada error pada saat pertama kali load image nya, coba HP nya di restart (soft reset) terlebih dahulu, baru jalankan lagi dari omnia nya file haret.exe nya.

Ya memang info dari pengembangnya ini belum sempurna. Saat ini Andromnia sudah versi 0.32. hardware yang belum di support adalah :

- CDMA/EVDO/3G, Bluetooth, GPS, Motion Sensor, Camera (back or front), Suspend Mode (1-2 hour battery life...) or Optical Mouse.

Untuk tutorial lengkapnya ada disini : http://andromnia.sourceforge.net/wiki/docs/howto_install

Oh iya jangan takut HP atau OS WM 6.1 nya rusak, karena ini hanya mengemulasi image saja. jadi kalau di reset phone nya (soft reset) maka akan kembali lagi ke OS aslinya.


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017

4 komentar:

Arick Law mengatakan...

hmmm...
boleh juga dicoba ini....

tonosuparno mengatakan...

gan kok ane coba loding... nya lma gak bisa

tonosuparno mengatakan...

gan ajarin don

revio abdillah mengatakan...

bos gmana ni yg muncl ko layar hitam dengn tulisan kecl2.sampai semalan gk muncul2 androidnya