Selasa, 06 Juli 2010

Browsing Website Melalui Terminal/Console Linux Ubuntu




Browsing suatu website di linux tidak hanya dapat dilakukan melalui tampilan GUI (Grafis) saja, namun dapat juga dilakukan melalui terminal atau console linux itu sendiri dengan memanfaatkan program tambahan lagi yaitu "links2 dan elinks". Namun ada sebagian distro linux yang sudah include program tersebut.

Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk para admin server linux yang seringkali menghadapi linux tanpa GUI sama sekali. Disamping itu kedua program ini sangat hemat memory dan tidak banyak memakan space harddisk anda.

Karena saya menggunakan Ubuntu, maka kedua software ini "links2 dan elinks" bisa di install dari synaptic atau ubuntu software center. Jika mau menginstalasi dari terminal, silahkan ketik perintah berikut :

$ sudo apt-get install elinks links2

Dari tampilannya dalam membuka suatu website, kedua program tersebut memiliki output yang hampir sama, perbedaannya hanya sedikit sekali.

berikut tampilan links2



dan ini tampilan dari elinks



Coba cari perbedaanya.. :) Oh iya, karena browser ini dijalankan dari terminal atau console maka yang ditampilkan hanyalah isi text dari website yang dibuka. Jadi jangan harap bisa lihat image ataupun konten multimedia yang lain.

Mudahan-mudahan dapat menambah pengetahuan di dunia linux dan bermanfaat buat teman semua.


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

1 komentar:

canopy mengatakan...

kalo di bandingin langsung (dibuka kedua image di tab yang berbeda) pasti ketawan pak :D