Selasa, 05 Oktober 2010

Simple Video Editing In Ubuntu Linux with PiTiVi




Kebutuhan editing video saat ini cukup bagus prospeknya. Terutama untuk acara-acara yang memiliki kesan tersendiri seperti acara ulang tahun, family gathering,wisata bersama ataupun nikahan yang sederhana saja. Nah.. jika akan membuka usaha tersebut bukannya tidak mungkin menggunakan software-software yang gratisan, terutama yang berjalan di linux. Karena software yang berbayar untuk melakukan video editing seperti ini umumnya harganya cukup tinggi.

Nah untuk menghemat biaya software dari usaha jasa video editing sederhana ini dapat menggunakan software "PiTiVi"

Software video editing di linux cukup banyak pilihannya, ada PiTiVi, Kdenlive, LiVES dan cinelerra. Namun saya belum sempat membandingkan satu persatu software itu semua. Software PiTiVi ini dapat digunakan untuk melakukan editing video sederhana seperti menggabungkan beberapa file video, memecah file video menjadi beberapa scene atau file dan menghapus atau menambah scene yang ada.

Sebetulnya software pitivi ini sudah inculde bawaan dari Ubuntu 10.04, namun baru kali ini saya mencobanya :).

Bagi pengguna linux selain ubuntu 10.04 yang memang software pitivi ini belum include secara default, namun bisa di download di : http://ftp.gnome.org/pub/GNOME/sources/pitivi/ dan untuk yang menggunakan ubuntu dan debian tinggal ketik saja di console terminal : # aptitude install pitivi



Ada menu pengaturan juga untuk software PiTiVi ini :



Menu untuk pengaturan project yang akan dibuat juga tersedia agar hasil videonya sesuai dengan yang di inginkan :



Jika ingin memasukan file yang akan di edit, tinggal insert saja di menu "import clip"



Setelah selesai dengan pengaturan scene pada video yang kita edit, tinggal kita render saja dengan menekan tombol "Render project"



Untuk lebih detail tentang penggunaan software PiTiVi ini silahkan download di : http://www.pitivi.org/manual/

Pada saat merender video, maka load dari processor dan ram komputer akan meningkat :) lumayan drastis, biasanya yang paling tinggi loadnya adalah processor dari komputernya. Waktu yang dibutuhkan untuk merender video ini sangat tergantung dari besar file video dan spesifikasi hardware yang digunakan.

Jadi dengan linux saat ini kita sudah bisa membuka jasa video editing sederhana. Selamat mencoba...


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: