Kamis, 25 November 2010

Damn Small Linux - Linux Untuk Hardware Minimalis




"Damn Small Linux" atau biasa disingkat dengan DSL merupakan sebuah solusi bagi yang ingin menggunakan linux yang mudah untuk digunakan namun juga memiliki kebutuhan hardware yang minimalis. Saya pribadi sangat kagum akan pembuatan distro linux ini karena sangat membantu bagi para pelajar yang ingin menggunakan menggunakan linux namun memiliki dana terbatas untuk membeli perangkat komputer yang tinggi spesifikasinya. Dengan DSL ini tidak dibutuhkan lagi spesifikasi hardware tinggi untuk menjalannkannya.

DSL ini dapat berjalan dengan minimal processor 486DX dengan hanya 16MB RAM, Dapat juga dijalankan langsung dari RAM, USB dan juga CD, tentunya dapat juga di install ke harddisk. Saya sarankan memakai RAM 128MB dan DSL ini sudah berjalan dengan baik.

File ISO dari DSL ini dapat di download dari sini : http://www.damnsmalllinux.org/download.html, File ISO nya hanya 50MB saja.

"Damn Small Linux" ini sudah memiliki GUI yang mudah untuk digunakan. Bahkan sudah mendukung SSH/FTP/HTTPD server.., keren juga ya, hanya dengan 50MB sudah dapat menjalankan aplikasi server sederhana secara live dan tidak perlu di install.

Selain untuk server mini, DSL ini dapat juga digunakan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dengan komputer, yah walaupun sangat sederhana seperti menulis artikel, catatan, laporan. dan juga multimedia sederhana.

DLS ini sudah mendukung juga beberapa codec multimedia sehingga kita dapat menikmati musik dan video secara langsung. DSL juga sudah support terhadap berbagai perangkat USB disk.

Kebetulan saya menjalankannya dari VirtualBox di Ubuntu 10.04 LTS. Saya hanya meng-alokasikan RAM untuk DSL ini hanya 128MB saja.



Ini adalah tampilan awal dari DSL, disini kita akan diberikan menu booting dari DSL ini, dalam menu tersebut kita dapat menjalankannya langsung di RAM dengan hanya menekan tombol "ENTER", dan menu-menu selanjutnya dapat dilihat dengan menekan tombol "F1" atau "F2" seperti menu untuk menginstall DSL ini ke USB maupun Harddisk.

Disini saya memilih untuk menjalankan langsung dengan menekan tombol "ENTER", sebagai informasi DSL ini berbeda dengan distro live lainnya, dimana DSL ini semua imagenya akan di extract dan dijalankan langsung dari RAM dan bukan dari media nya seperti CD atau USB, sehingga akan lebih cepat performanya.



Dalam proses diatas, DSL melakukan pengenalan hardware yang ada. Dan dibawah ini adalah tampilan desktop awal dari DSL :



Saya rasa bagi pengguna OS Windows tidak akan kesulitan menggunakan desktop GUI yang ada di DSL ini karena menunya hampir serupa.



Untuk melakukan penulisan artikel maupun laporan sederhana dapat dilakukan dengan mudah dengan DSL ini bahkan untuk melihat file PDF juga sudah tersedia.



Berselancar di Internet juga bukan lagi masalah, karena DSL ini sudah menyertakan browser mini firefox didalamnya.



Game sederhana juga sudah disertakan dalam DSL ini untuk menghilangkan rasa bosan anda.



Pengaturan file dan console terminal yang unik siap membantu anda dalam setiap pekerjaan dengan linux DSL ini.



Kini hanya dengan "Damn Small Linux" yang hanya sebesar 50MB saja anda dapat melakukan pekerjaan sederhana di komputer anda dengan baik dan tentunya dapat menghemat penggunaan hardware komputer yang dibutuhkan.



Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

1 komentar:

Dwi Harjono mengatakan...

kalau install di 486 mmx gimana caranya mas?