Selasa, 06 September 2011

Intel GMA 500 On Linux




Beberapa netbook dan UMPC saat ini ada yang memakai chipset Intel GMA 500 untuk VGA nya. Dan ternyata netbook yang saya gunakan saat ini juga menggunakan chipset VGA tersebut.

Intel sendiri sudah tidak meneruskan dukungan update driver untuk OS Linux pada chipset VGA Intel GMA 500 ini. Dimana diketahui bahwa performa chipset VGA Intel GMA 500 tidak begitu bagus di Linux, karena untuk drivernya sendiri tidak dikembangkan oleh Intel sendiri namun di develop oleh pihak ketiga, yaitu Tungsten Graphics.

Dan infonya untuk chipset ini memang hanya memiliki performa terbaik di OS Windows. Lalu bagaimana jika ingin menggunakan Linux?

Berdasarkan dari keterangan disini bahwa beberapa distro linux yang sudah menyertakan driver untuk chipset Intel GMA 500 ini yaitu JoliOS dan PixieLive.

Untuk ubuntu harus menginstall driver tambahan (Poulsbo atau emgd driver). Untuk lengkapnya bisa lihat disini : http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1229345

Untuk ubuntu saya belum berhasil menginstall driver untuk Intel GMA 500 tersebut karena terkait dengan versi kernel dan xorg yang digunakan harus sama versinya dengan yang dibutuhkan oleh driver tersebut. Untuk lengkapnya bisa juga lihat disini : https://wiki.ubuntu.com/HardwareSupportComponentsVideoCardsPoulsbo

Setelah saya coba beberapa distro linux yang paling mudah dalam mengenali chipset Intel GMA 500 ini adalah JoliOS 1.2 dimana begitu di install sudah menyertakan drivernya. Untuk performa lumayan juga, untuk lihat video dari youtube maupun memainkan movie standar suddah dapat dilakukan dengan baik. Namun akan lambat jika digunakan untuk memutar video HD. Untuk browsing juga sedikit berat jika situs yang dibuka banyak memiliki content flash nya.

Namun untuk kebutuhan sehari-hari seperti editing document, mendengarkan music maupun menonton movie standar saya rasa sudah cukup JoliOS Linux untuk di install diatas notebook yang memiliki chipset VGA Intel GMA 500 ini.



Oh iya, ada juga link faceboooknya bagi pengguna linux dengan Intel GMA 500 ini : http://www.facebook.com/groups/62711517402/

Untuk JoliOS Linux sendiri dapat di unduh dari sini : http://www.jolicloud.com/download

Semoga bermanfaat untuk teman semua..


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

1 komentar:

canopy mengatakan...

mangstab pak... :D
dlu saya pake apa yah modelnya sama kayak gini, berjalan diatas chrome :D