Kamis, 07 Februari 2013

Tentang Raspberry Pi



Awalnya adalah ide di balik sebuah komputer kecil dan murah untuk anak-anak muncul pada 2006, ketika Eben Upton dan rekan-rekannya di University of Laboratorium Komputer Cambridge, termasuk Rob Mullins, Jack Lang dan Alan Mycroft, yang menjadi khawatir tentang penurunan dari tahun-ke-tahun di angka dan tingkat keterampilan siswa Tingkat A yang menerapkan untuk membaca Ilmu Komputer pada setiap tahun akademik. Dari situasi pada 1990-an di mana sebagian besar anak-anak sebagian besar ingin menjadi programmer yang berpengalaman,  di tahun 2000-an sangat berbeda dimana pada pelamar yang ada yang menyukai web design hanya sedikit.

Penemu Raspberry Pi : Eben Upton


Sesuatu telah mengubah cara anak-anak yang berinteraksi dengan komputer. Sejumlah masalah yang teridentifikasi dari kurikulum TIK dengan pelajaran tentang menggunakan Word dan Excel, atau menulis halaman Web, dan bangkitnya PC rumah dan game konsol untuk menggantikan Amigas, BBC mikro, Spectrum ZX dan mesin Commodore 64 yang orang dari generasi sebelumnya belajar untuk membuat program.

Tidak banyak kelompok kecil orang yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah seperti kurikulum sekolah yang tidak memadai. Tapi Eben merasa bahwa kami bisa mencoba untuk melakukan sesuatu di mana komputer telah menjadi begitu mahal, Kemudian Eben merancang beberapa versi dari apa yang sekarang telah menjadi Raspberry Pi, Anda dapat melihat salah satu prototipe awal di google.

Pada tahun 2008, prosesor dirancang untuk perangkat mobile yang menjadi lebih terjangkau, dan cukup kuat untuk mendukung multimedia yang sangat baik, dengan fitur ini dia merasa akan membuat board komputer mini diinginkan untuk anak-anak yang awalnya tidak begitu tertarik dalam perangkat murni pemrograman berorientasi. Proyek ini mulai terlihat sangat realisasi. Eben (sekarang seorang arsitek chip pada Broadcom), Rob, Jack dan Alan, bekerja sama dengan Pete Lomas, MD dari desain hardware dan pembuatan perusahaan Norcott Technologies, dan David Braben, co-penulis Mikro BBC kemudian membentuk Raspberry Pi Foundation untuk mewujudkannya.



Tiga tahun kemudian, organisasi tersebut hanya akan masuk ke produksi massal melalui penawaran pembuatan berlisensi dengan elemen 14/Premier Farnell dan RS Elektronika - meskipun itu hanyalah awal dari kisah Raspberry Pi.

Dimana saat ini raspberry pi telah memiliki dukungan yang besar dan bantuan dari komunitas pendidikan. Negara-negara berkembang banyak yang tertarik pada Raspberry sebagai perangkat produktivitas di daerah yang tidak bisa perangkat keras mahal yang diperlukan untuk menjalankan PC desktop tradisional, rumah sakit dan museum telah berminat untuk mengetahui tentang menggunakan Raspberry untuk menggerakkan perangkat monitor. Orang tua dari anak-anak yang cacat juga telah mengutarakan ketertarikannya tentang aplikasi pemantauan dan aksesibilitas terhadapRaspberry , dan tampaknya ada satu juta dan satu orang di luar sana dengan besi panas solder yang ingin membuat robot dengan Raspberry.

Raspberry Foundation tidak mengklaim memiliki semua jawaban, tidak berpikir bahwa Raspberry akan memperbaiki semua masalah komputasi di dunia,  Raspberry hanya ingin mengeluarkan PC yang murah, dapat diakses, dan dapat diprogram, Raspberry Foundation secara aktif mendorong perusahaan lain untuk mengkloning apa yang kita lakukan dan ingin mematahkan paradigma dimana  kita harus menghabiskan duit yang banyak untuk merakit sebuah PC, dimana akhirnya keluarga tidak dapat menikmati internet. Raspberry Foundation hanya ingin setiap keluarga atau instansi memiliki sebuah komputer pribadi yang benar-benar terjangkau. Raspberry Foundation berpikir bahwa 2012 menjadi tahun yang baik untuk meraka berkembang.

Jika teman ingin mengetahui bentuknya seperti apa detail nya, ini dia :



Bahkan bungkus rokok bisa dijadikan casing nya loh :


Jika ada waktu lagi nanti saya akan membahas mengenai percobaan saya dengan Raspberry Pi ini. Untuk mengetahui sumber dan info detailnya bisa dilihat disini : http://www.raspberrypi.org/

Semoga bermanfaat juga untuk teman semua.


Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171


1 komentar:

Bali Electro mengatakan...

Mantap gan, terima kasih sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat gan. Bagi teman-teman yang lagi butuh raspi bisa pesan di bali-electro.com :)