Kamis, 19 September 2013

Cara Agar Mac Dapat Menulis ke HD External Dengan Format NTFS




Dear Teman,

Bila kita punya harddisk external dengan format ntfs, mac by default hanya dapat membaca disk nya saja (read only), namun tidak dapat melakukan penulisan / copy file ke disk tersebut, cara nya agar mac dapat melakukan penulisan (read/write) ke disk external dengan format ntfs adalah :

1. Install fuse dan ntfs-3g dari link ini :

http://sourceforge.net/projects/catacombae/?source=dlp

- http://sourceforge.net/projects/osxfuse/?source=recommended

tinggal klik aja file dmg nya trus nanti kan jadi kayak folder gitu, trus klik kanan aja file installer nya (iconnya warna kuning), pilih open with installer.



2. Setelah download selesai, tinggal install fuse nya dulu baru install ntfs-3g nya, jangan kebalik ya.

Oh iya waktu install fuse nya jangan lupa pilihan macfuse nya di install juga, jadi lengkap yang di install (di contreng macfuse nya), karena defaultnya macfuse tidak di install.

Setelah itu restart mac nya. Cara install nya tinggal klik aja file .dmg yang sudah di download tadi dan ikuti petunjuknya (tinggal next, next aja).

3. Setelah restart seharusnya sudah bisa melakukan read/write ke hd external dengan format ntfs.

Semoga bermanfaat untuk teman semua.


Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

4 komentar:

Rahardian Ruthman mengatakan...

saya masih newbie dalam penggunaan Mac. saya sudah mengikuti saran saudara untuk menginstal fuse dan ntfs-3g. akan tetapi setelah saya restart malah mac saya tidak bisa baca hardisk external.
mohon sarannya.

terimakasih

sedia jersey grade ori mengatakan...

Stelah saya install sekarang malah drive Bootcamp tidak keliatan dari macbook saya (yosemite). Gimana tuh gan?

Ega Kayadoe mengatakan...

parah nih, udah diikutin semua caranya, stelah direstart malah hdd ntfsnya langsung ngga kebaca, stelah buka disk utility, hdd eksternalnya malah kerubah format jadi exFat dan otomatis menghapus semua isinya, terima kasih agan sudah nolong ngehapus data data penting saya... kalo udah gini gimana coba??

Ega Kayadoe mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.