Selasa, 11 November 2014

Tentang Samsung Knox - Security Pada Handphone Samsung



Kali ini saya ingin sedikit membahas mengenai mobile security solution yang diberikan oleh samsung. Dimana kalau saya lihat samsung saat ini sudah memperhatikan security dari perangkat mobile nya.

Samsung KNOX adalah sebuah solusi keamanan yang dirancang oleh Samsung. Setiap perangkat Samsung yang dilengkapi dengan Samsung KNOX dapat memungkinkan pemakainya untuk melakukan aktivitas pribadi dengan aktivitas kantor secara terpisah dalam satu perangkat yang dimiliki tanpa harus membawa lebih dari satu perangkat.

Ada dua versi Samsung KNOX, versi personal/consumer atau pelanggan biasa dan versi Enterprise. Di versi personal, Samsung KNOX dapat dimanfaatkan untuk melindungi data-data penting personal Anda agar tidak dapat diakses orang lain dan tentunnya dengan tingkat enksripsi yang tinggi. Sementara Samsung KNOX Enterprise khusus dirancang untuk kebutuhan bisnis dan membutuhkan peran IT Manager untuk mengatur setiap akun pengguna Samsung KNOX. Untuk versi enterprise ini mirip seperti layanan milik blackberry enterprise.




KNOX menggabungkan Enhanced Security (SE) Android dan pengaturan akses integritas yang diimplementasikan dalam hardware dan kerangka Android. Hal ini memisahkan penggunaan bisnis dan pribadi dari perangkat mobile pada umumnya, terkait tingkat kemanan dan sistem file enkripsi tingkat tinggi, menawarkan perlindungan data bisnis dan aplikasi dari kebocoran data, virus dan serangan malware. Bobot perangkat ringan dan kompatibel dengan infrastruktur perusahaan pengguna seperti MDM, VPN dan layanan direktori. KNOX juga memberikan kepastian dan kenyamanan bagi departemen IT  menerapkan pengelolaan strategi Bawa Perangkat Anda Sendiri (Bring Your Own Device-BYOD)

Zona dalam Samsung KNOX yang dilengkapi dengan tingkat keamanan maksimal dirancang terpisah dengan zona pribadi. Di zona pribadi, pengguna dapat menikmati seluruh kelebihan smartphone Android Samsung yang mereka miliki seperti biasa. Misalnya untuk mengakses facebook, Twitter, Foto, Mendengarkan Music, Akses email, dan lainnya. Sementara di zona Samsung KNOX, seluruh aplikasi yang ada ditentukan secara khusus oleh perusahaan / Manager IT, karena Samsung KNOX dapat dirancang khusus sesuai dengan kebijakan perusahaan. Dan IT Manager yang bertanggung jawab atas sistem keamanan perusahaan merupakan pemegang kunci utama dari Samsung KNOX setiap karyawan / user.



Oleh karena itu, di zona Samsung KNOX hanya akan terdiri dari aplikasi yang berguna untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan saja, seperti email, browser, kontak dan kalender yang ditandai dengan adanya simbol kunci di icon di applikasi nya. Sebagai admin dari Samsung Knox, IT Manager dapat melakukan banyak hal secara remote ke perangkat karyawan. Seperti misalnya menghapus data Samsung KNOX pengguna jika pengguna sudah tidak bekerja lagi, menambahkan atau menghapus aplikasi hingga menonaktifkan sementara akun Samsung KNOX karyawan / user jika sewaktu-waktu perangkat tersebut hilang.

Di dalam zona Samsung KNOX, ruang gerak penggunanya dapat dibatasi guna melindungi kebocoran data. Jadi aktivitas di zona Samsung Knox tidak akan sebebas di zona pribadi seperti biasanya. Contoh gampangnya, Anda tidak akan bisa melakukan copy-paste isi email yang ada di zona Knox ke zona pribadi Anda. Atau jika Anda memotret di zona Knox, hasilnya hanya akan muncul di gallery zona Knox saja dan tidak akan muncul di gallery zona pribadi. Toko aplikasi pun berbeda. Di zona Samsung Knox, Anda tidak akan bisa mengunduh aplikasi dari Google PlayStore, sebagai gantinya tersedia toko aplikasi khusus Samsung KNOX yang berisikan aplikasi pilihan yang berhubungan dengan kegiatan bisnis.

Untuk berpindah ke zona Samsung KNOX pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik icon Samsung KNOX seperti menjalankan aplikasi biasa dan dengan sekejap Anda akan masuk ke zona KNOX. Satu hal yang perlu dicatat, Samsung KNOX ini hanya tersedia eksklusif untuk perangkat Samsung saja. Selain itu, KNOX juga tidak akan bisa digunakan pada Custom ROM. KNOX juga dapat digunakan untuk mencegah pengguna agar tidak bisa melakukan rooting.

Sistem keamanan yang ditawarkan Samsung KNOX ini telah mendapatkan sertifikasi STIG (Security Technical Implementation Guide). Bahkan KNOX juga telah diloloskan oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk digunakan di lingkungan internal mereka.

Saat ini perangkat Samsung yang mendukung Samsung KNOX hanya Samsung Galaxy S3 LTE Version, Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 3, Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy Note 10.1 edisi 2014.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

1 komentar:

Girls Channels mengatakan...

Kalo buat samsung galaxy j berfungsi tidak? Sekalian minta tolong dibantu buat review dan list harga samsung galaxy j y