Senin, 13 Maret 2017

Cara Install Bash Ubuntu di Windows 10



Ini bukan mesin virtual, atau perangkat lunak Linux yang dikompilasi untuk Windows (seperti Cygwin). Sebaliknya, ini merupakah Subsystem Linux untuk OS WIndows, yang didasarkan pada Project Astoria kerja Microsoft untuk menjalankan aplikasi Android pada Windows.

Microsoft telah bekerja sama dengan Canonical untuk menawarkan Ubuntu shell Bash penuh yang berjalan di atas subsistem windows ini. Secara teknis, ini bukan Linux sama sekali. Linux adalah mendasari kernel sistem operasi, dan yang tidak tersedia di sini. Sebaliknya, ini memungkinkan Anda untuk menjalankan Bash shell dan tepat binari yang sama Anda akan biasanya berjalan di Ubuntu Linux.

Ada beberapa keterbatasan di sini. Ini tidak akan bekerja dengan perangkat lunak grafis linux. Ini dimaksudkan untuk pengembang yang ingin menjalankan Linux utilitas baris perintah pada Windows. Aplikasi ini mendapatkan akses ke sistem file Windows, tetapi Anda tidak dapat menggunakan Bash perintah untuk mengotomatisasi program Windows, atau memulai Bash perintah dari Windows dengan baris perintah standar.

Mereka mendapatkan akses ke sistem file yang sama Windows, Tidak setiap baris perintah aplikasi akan bekerja, baik, karena fitur ini masih dalam versi beta. Dan perlu di ingat, bahwa bash ubuntu ini hanya untuk OS Windoes 10 64 bit saja.

Bagaimana cara install nya :

1. Masuk ke Menu Settings app dan pilih Update & Security > For Developers. Aktifkan “Developer Mode”  untuk enable Developer Mode.



2. Setelah itu buka Control Panel, klik “Programs,” dan klik “Turn Windows Features On or Off” dimenu Programs and Features. Kemudian Enable the “Windows Subsystem for Linux (Beta)” option yang ada dilist nya dan klik “OK.”



3. Restart OS Windows nya.

4. Setelah selesai restart OS, masuk ke aplikas bash yang ada di start menu



5. Disini akan dilakukan proses instalasi dan download bash linux ubuntu nya dan akan dimintakan pembuatan user dan password untuk bash ubuntu nya



6. Setelah selesai, kita bisa memanggil bash ubuntu dari menu start windows



Selesai.

Contoh perintah dasar yang bisa dilakukan adalah :

Change Directory: cd in Bash, cd or chdir in DOS
List Contents of Directory: ls in Bash, dir in DOS
Move or Rename a File: mv in Bash, move and rename in DOS
Copy a File: cp in Bash, copy in DOS
Delete a File: rm in Bash, del or erase in DOS
Create a Directory: mkdir in Bash, mkdir in DOS
Use a Text Editor: vi or nano in Bash, edit in DOS

Kita juga bisa menginstall paket-paket aplikasi yang ada di ubuntu seperti apache atau gcc :



Referensi :
- https://www.howtogeek.com/249966/how-to-install-and-use-the-linux-bash-shell-on-windows-10/
- https://msdn.microsoft.com/en-us/commandline/wsl/install_guide

Semoga bermanfaat untuk pembaca semua.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017

Tidak ada komentar: